Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Masalah gigi dan mulut dapat menyebabkan komplikasi serius, tidak hanya di gigi dan mulut, tetapi di seluruh tubuh. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan mulut untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Mulut adalah pintu utama bagi tubuh yang sehat. Jika mulut Anda tidak sehat, tubuh Anda juga tidak sehat. Sebaliknya, ketika tubuh sedang tidak sehat, gejalanya sering muncul pada mulut.

Ada banyak penyakit dalam tubuh kita yang berhubungan dengan penyakit gigi dan mulut. Misalnya penyakit jantung dan paru-paru. Orang dengan penyakit mulut memiliki risiko lebih tinggi terkena kardiovaskular dan pneumonia. Oleh karena itu, kesehatan mulut sangatlah penting.

Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Sebagian orang beranggapan bahwa menyikat gigi dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebenarnya tidak. Penting untuk menggunakan strategi berikut untuk membantu Anda mempertahankan perawatan gigi dan mulut yang baik, diantaranya:

  • Jangan asal memilih sikat gigi dan pasta gigi

Selain menyikat gigi secara teratur, disarankan untuk memilih pasta gigi yang baik tidak boleh asal. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Bahan ini dianggap membantu mendukung gigi dan mencegah gigi berlubang.

Selain itu, sikat gigi harus diganti setiap 3-4 bulan sekali. Pilih sikat gigi dengan kepala berbentuk oval kecil dan memiliki bulu sikat yang lembut. Sikat gigi seperti ini akan mencapai mulut Anda lebih baik dan tidak akan merusak atau menyakiti gusi Anda.

  • Bersihkan bagian sela gigi menggunakan benang gigi

Meski sudah menyikat semua gigi, terkadang masih ada sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit didapat dengan sikat gigi. Nah, Anda sekarang dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkannya.

Baca juga:   Cara Efektif Mencegah Karies Gigi

Membersihkan gigi secara teratur dapat mengurangi plak dan bakteri yang penyebab gigi berlubang. Namun, pada saat membersihkan harus berhati-hati agar gusi tidak terluka atau berdarah.

  • Stop Merokok

Selain membahayakan kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut, penumpukan plak dan karang gigi, serta kerusakan gigi. Merokok juga dapat meningkatkan risiko gingivitis dan kanker mulut.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda harus segera mengakhiri kebiasaan buruk ini. Anda dapat mencoba mengubah kebiasaan buruk ini dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membantu Anda berhenti merokok. Memang untuk awal tidak mudah tetapi kalau Anda sering melakukannya akan terbiasa.

Tidak hanya itu, mengunyah permen karet bebas gula setelah makan meningkatkan produksi air liur,juga  membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri.

  • Berkumurlah secara teratur dengan obat kumur (mouthwash)

Tidak banyak orang yang masih rutin menggunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal, cara ini sangat mudah dilakukan dan terbukti bisa membersihkan gigi dan mulut.

Selain itu, obat kumur juga dapat membantu mengurangi bau mulut dan menyegarkan nafas selama kurang lebih 12 jam.

Namun, jangan asal membeli obat kumur, ya. Pilih obat kumur yang mengandung antiseptik. Selain antiseptik pilih juga obat kumur yang mengandung Minyak esensial, seperti thymol, metil salisilat, metil fri, kue mental dan eucalyptol, seperti LISTERINE. Keempat bahan aktif ini diasumsikan untuk mengurangi 99.9% bakteri, tempat, ditempatkan dan karet dan karet dan karet dan lebih sehat dan lebih sehat.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut tidak hanya membantu membuat senyum indah dengan gigi putih. Kebersihan gigi dan kesehatan mulut yang baik dapat meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit serius dan bahkan melestarikan memori usia tua. Berikut beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut:

  • Meningkatnya rasa percaya diri
  • mengurangi resiko penyakit stroke dan penyakit jantung koroner
  • Mengurangi risiko penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis
  • Mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan¬†
  • Membantu menstabilkan gula darah
  • Membantu mempertahankan daya ingat
Baca juga:   Tips Cara Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

Banyak bukan manfaatnya? Nah, jadi mulai saat ini menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sangat penting. Jadi jangan lupa sikat gigi setelah makan, pakai benang gigi dan berkumur dengan obat kumur ya untuk membersihkannya.

Selain menjaga kebersihan mulut, Anda juga harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan kebersihan tangan saat makan. Percuma bukan saat mulutmu bersih, tapi kuman masuk ke tubuhmu dengan makanan atau tangan kotor. Ingat lebih baik mencegah daripada mengobati!