Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Sederhana

Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Sederhana

Anda tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik Anda untuk meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Kesehatan mental juga penting dalam kehidupan. Kesehatan mental mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengelola emosi dan mengatasi kesulitan sehari-hari.

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental seseorang, beberapa langkah dasar dapat dilakukan. Dapat dipastikan bahwa melakukan perubahan tersebut akan berdampak pada semua bagian kehidupan. Menjaga kesehatan mental memiliki berbagai manfaat, seperti  suasana hati yang lebih baik dan membantu untuk bisa menikmati hidup dengan lebih tenang.

Bagi Anda yang rentan terhadap gangguan stres atau kecemasan, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda:

Pikirkan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Menurut penelitian, cara Anda berpiki tentang diri sendiri memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental Anda. Ketika kita memiliki perspektif negatif tentang diri kita dan keadaan kita, kita akan merasakan efek yang buruk. Sebaliknya, jika Anda terbiasa mengatakan hal-hal yang membuat Anda merasa baik, Anda akan merasa menjadi lebih optimis.

Buatlah Daftar Hal-Hal yang Harus Disyukuri

Rasa syukur terkait dengan perasaan bahagia, kesehatan mental, dan kesejahteraan. Membuat buku harian berisi hal-hal yang Anda syukuri setiap hari adalah metode sederhana untuk meningkatkan rasa syukur. Secara umum, dengan cara berterima kasih juga cara yang efektif, tetapi harus dilakukan secara teratur untuk menuai manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan biarkan hal itu memenuhi hatimu dengan kegembiraan.

Fokus Pada Satu Hal Di Satu Waktu

Emosi negatif atau menantang dari pengalaman menyakitkan sebelumnya dapat dilepaskan dengan berfokus pada suatu tujuan. Mulailah dengan membawa kesadaran penuh bahkan pada aktivitas yang biasa yang dilakukan, seperti mandi, makan, atau berjalan pulang. Memberi perhatian lebih terhadap sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman akan membantu Anda untuk fokus. Ketika pikiran Anda seperti  terbang melayang dan menyebabkan Anda terlalu banyak berpikir, maka bawa kembali ke apa yang Anda sedang lakukan.

Baca juga:   Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Olahraga

Sebelum dan sesudah berolahraga, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, yang akan membantu Anda meredakan ketegangan dan dapat meningkatkan suasana hati. Maka dari itu, olahraga adalah obat kuat untuk stres, kecemasan, dan depresi. Carilah cara sederhana untuk berolahraga lebih banyak, seperti pergi ke lokasi terdekat atau menaiki tangga. Dapatkan manfaat maksimal dengan setidaknya 30 menit olahraga setiap hari, cobalah olahraga diluar ruangan karena sinar matahari juga membantu produksi vitamin D, yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

Konsumsi Makanan Enak 

Makan makanan yang lezat dan sehat tidak hanya memberi Anda nutrisi yang Anda butuhkan, tetapi juga menyehatkan otak Anda. Karbohidrat akan meningkatkan serotonin, neurotransmitter yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein juga membantu kamu tetap waspada.

Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan memberi makan setiap sel dalam tubuh, termasuk yang mengontrol bahan kimia pada otak yang mengatur suasana hati. Selain itu, makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat membantu suasana hati dan fungsi kognitif dengan memulihkan integritas struktural sel-sel otak.

Bersikap Terbuka Pada Seseorang

Sangat penting untuk mengetahui bahwa Anda dihargai oleh orang lain untuk berpikir lebih positif. Belajarlah untuk terbuka kepada orang lain, yang dapat membantu Anda berpikir lebih positif dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Menurut penelitian, membantu orang lain memiliki dampak positif pada harga diri seseorang. Bersikap ramah dan membantu orang lain adalah cara yang baik untuk meningkatkan harga diri Anda. Makna yang ditemukan dari membantu orang lain dapat memperkaya dan memperluas hidup Anda.

Baca juga:   Penting. Inilah Cara Merawat Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Istirahat yang Cukup

Ketika semua pekerjaan Anda terlalu banyak, istirahatlah dan lakukan apapun selain kegiatan yang akan membuat Anda merasa lebih stres, setidaknya sampai Anda merasa sedikit lebih baik. Latihan pernapasan sederhana terkadang merupakan hal terbaik untuk dilakukan: tutup mata Anda dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Hitung sampai empat saat menghirup, tahan selama empat hitungan, dan hembuskan sampai empat hitungan pada setiap tarikan napas. Hal tersebut adalah pereda stres yang efektif.

Tidur Tepat Waktu

Kurang tidur telah dibuktikan dalam banyak penelitian bahwa memiliki dampak negatif yang besar pada suasana hati. Cobalah tidur dan bangun di waktu yang sama secara rutin setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum tidur dan kurangi minuman berkafein hingga pagi hari.

Kembangkan kemampuan baru

Penelitian telah membuktikan bahwa mempelajari kemampuan baru untuk meningkatkan kesehatan mental. Kepercayaan diri dan harga diri meningkat sebagai hasil dari memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru. Selain itu, menguasai bakat baru memberikan kesempatan untuk terlibat dengan orang lain. Ingatlah bahwa tidak perlu terlalu ambisius saat menetapkan tujuan. Cukup temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dilakukan secara teratur.

Cari bantuan medis

Konsultasikan dengan praktisi medis segera jika Anda sedang mengalami masalah kesehatan mental. Terutama jika Anda yakin suasana hati Anda tidak membaik dan mengganggu kehidupan rutin Anda. Tenaga medis profesional dapat memberikan saran terbaik, baik melalui terapi atau obat-obatan.

Jadi, Anda memiliki pilihan berbagai cara positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental Anda mulai sekarang. Cara menjaga kesehatan mental di atas tidak sulit untuk diterapkan. Anda hanya perlu melakukannya secara bertahap dan dengan kesabaran untuk menuai manfaat jangka panjang. 

Baca juga:   Cara Menurunkan Tekanan Darah Dan Standar Tekanan Darah Normal Manusia