Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi 

Selain organ tubuh yang lain gigi merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Tanpa gigi, makanan akan sulit dicerna atau sulit ditelan. Lubang tentu sangat tidak nyaman saat kita makan dan juga bisa merusak senyum kita.

Gigi yang bermasalah bisa menimbulkan komplikasi serius, bukan hanya di gigi dan di mulut saja, tapi juga seluruh tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi agar kesehatan tubuh juga terjaga secara menyeluruh.

Ada Berbagai penyakit tubuh berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Misalnya penyakit jantung dan paru-paru. Orang dengan penyakit gigi memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular dan pneumonia. Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga kesehatan dan gigi.

Untuk memiliki gigi yang sehat, Anda perlu merawat dan memperhatikan kebiasaan sehari-hari Anda. Bahkan jika Anda sudah memiliki gigi yang baik, penting untuk merawatnya agar terhindar dari risiko masalah gigi. 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Sebagian orang beranggapan bahwa untuk menjaga kesehatan gigi Anda hanya perlu menyikat gigi dua kali sehari saja. Padahal, faktanya tidak hanya hanya itu saja ya. Cara-cara berikut ini sangat penting untuk Anda gunakan untuk menjaga kesehatan gigi, antara lain:

1. Jangan Salah Memilih Pasta Gigi Dan Sikat Gigi 

Selain menyikat gigi secara teratur, ada baiknya juga jangan salah untuk memilih pasta gigi. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride merupakan bahan penting untuk kesehatan gigi. Karena fluoride merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Fluoride bekerja dengan melawan kuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan melindungi gigi Anda.

Selain itu, sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3-4 bulan sekali. Pilihlah sikat gigi dengan bentuk kepala oval kecil dan memiliki bulu yang lembut. Sikat gigi jenis ini dapat mencapai sudut mulut Anda dan tidak akan membuat gusi Anda terluka.

Baca juga:   Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

2. Jangan Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan masalah seperti bau mulut, penumpukan plak dan karang gigi, serta perubahan warna pada gigi Anda. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit periodontal dan kanker mulut.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda harus segera menghentikan kebiasaan buruk ini. Anda bisa mengubah kebiasaan ini dengan mengunyah permen karet. Permen karet, terutama permen karet nikotin, dapat membantu Anda berhenti merokok.

Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula setelah makan juga dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri dari mulut Anda

3. Batasi Konsumsi Makanan Asam Dan Manis

Saya sering mendengar nasihat ini: “Jangan makan terlalu banyak yang manis-manis, nanti sakit gigi dan bikin gigi bolong.  Lagipula, kita tidak boleh seenaknya menolak nasihat orang tua kita. Makanan manis dan asam diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut dan kemudian dapat mengobati enamel gigi Anda. Ini adalah asam yang menyebabkan gigi Anda berlubang.

Anda tidak perlu benar-benar mengurangi gula untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Anda hanya perlu membatasi mengkonsumsinya saja.

4. Makan Makanan Yang Bergizi 

Makan makanan bergizi juga baik untuk gigi dan mulut. Makan makanan bergizi, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan produk susu, dapat memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa lemak omega-3, lemak sehat dalam makanan laut, dapat mengurangi resiko peradangan dan menurunkan risiko penyakit gusi.

Perlu di ingat hindari juga makanan siap saji. Makanan siap saji memang enak, tetapi bisa berdampak buruk bagi gigi Anda. Biasanya makan siap saji banyak mengandung lemak dan gula. Tentu hal ini akan membuat gigi Anda cepat rusak dan berlubang. 

Baca juga:   Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Sederhana

5. Perbanyak Minum Air Putih Dan Hindari Mengkonsumsi Air Es 

Air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan gigi dan mulut, karena membantu mengurangi beberapa efek negatif dari makanan dan minuman pada gigi Anda. Minimal 8 gelas dalam sehari untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan

Mengkonsumsi air es tentunya sangat menyegarkan bukan? tetapi jangan salah ternyata penyebab kerusakan gigi salah satunya dengan mengonsumsi air es yang berlebihan dan terlalu sering. Hal ini membuat gigi menjadi ngilu dan dapat menyebab kesensitifan pada gigi

6. Berkumur dengan obat kumur secara teratur

Hanya sedikit orang yang terus berkumur dengan obat kumur secara teratur untuk menjaga kesehatan mulut. Padahal, cara ini mudah diterapkan dan sudah terbukti bisa membersihkan gigi dan mulut.

Obat kumur juga dapat membantu mengurangi bau mulut dan memberikan nafas segar selama kurang lebih 12 jam. Tapi jangan asal membeli obat kumur, Pilih obat kumur antiseptik yang mengandung 4 essential oil seperti thymol, methyl salicylate, menthol dan eucalyptus oil seperti LISTERINE. Keempat bahan aktif ini diperkirakan mampu mengurangi 99.9% kuman penyebab bau mulut, plak gigi dan masalah mulut, sehingga menjadikan mulut lebih bersih dan sehat.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi

Selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan memiliki manfaat sebagai berikut:

  • meningkatkan kepercayaan diri
  • meningkatkan memori otak
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.
  • Mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia
  • Mengurangi risiko mengembangkan penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis
  • Mengurangi risiko ibu hamil dengan melahirkan bayi prematur
Baca juga:   Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain menjaga kebersihan mulut, Anda juga harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan kebersihan tangan saat makan. Percuma bukan saat mulutmu bersih, tapi kuman masuk ke tubuhmu dengan makanan atau tangan kotor? Semoga artikel ini membantu Anda untuk tetap selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut.