Cara Menurunkan Tekanan Darah Dan Standar Tekanan Darah Normal Manusia

Tekanan darah setiap manusia berbeda-beda. Salah satunya dipengaruhi dari jenis klamin dan usia, semakin usia bertambah maka semakin tinggi juga kisaran tekanan darah nya. Tekanan darah berfungsi untuk menunjukan kekuatan jantung anda memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Satuan angka yang menunjukan tekanan darah harus dipantau secara berkala untuk menjadi acuan kesehatan manusia secara umum.

Tekanan darah seseorang dapat berubah-ubah tergantung dari jenis aktivitas yang dilakukan, kondisi emosional dan kesehatan pembuluh darah. Jadi setiap manusia pasti berbeda-beda tekanan darah nya, namun yang perlu anda khawatirkan bila tekanan darah konsisten di angka tinggi atau rendah dalam waktu yang lama. Maka akan kami informasikan batas tekanan darah manusia normal dewasa.

Orang dewasa dengan kondisi tubuh normal umumnya memiliki tekanan darah 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Angka 90 dan 120 tersebut, menunjukan tekanan jantung yang  memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia bisa disebut juga tekanan sistolik. Angka 60 dan 80 menunjukan tekanan jantung ketika istirahat sejenak sebelum memompa kembali darah, biasa disebut juga diastolik

Bahaya tekanan darah bila tinggi atau rendah untuk kesehatan

Hal ini perlu diwaspadai bila tekanan darah anda selalu tinggi atau rendah dalam jangka waktu yang lama karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan manusia. 

Berikut adalah jenis gangguan kesehatan yang ditimbulkan :

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah kondisi tekanan darah yang berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi tersebut terkadang tidak menunjukan gejala apapun, sehingga banyak kasus penderita nya tidak mengetahui jika tekanan darah nya tinggi atau tidak normal.

Bila tidak segera ditangani akan berakibat buruk bagi kesehatan manusia seperti serangan jantung, penyakit jantung, stroke, gangguan penglihatan bahkan hingga gagal ginjal.

Baca juga:   Penting. Inilah Cara Merawat Kesehatan Organ Reproduksi Wanita
Faktor penyebab tekanan darah tinggi :
  1. Obesitas
  2. Perokok
  3. Usia 55 tahun ke atas
  4. Jarang berolahraga
  5. Riwayat penyakit diabetes atau penyakit jantung dalam keluarga
  6. Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  7. Mengkonsumsi garam secara berlebihan

2. Hipotensi atau tekanan darah rendah

Hipotensi adalah kondisi tekanan darah yang berada di angka 90/60 mmHg atau di bawahnya. 

Tekanan darah rendah atau hipotensi juga perlu diwaspadai jika penderita mengalami gejala seperti pusing, mual, dehidrasi, kelelahan, pernapasan menjadi cepat hingga pingsan.

Kondisi ketika tekanan darah rendah umumnya tidak terlalu membahayakan seperti ketika tekanan darah tinggi.

Namun hipotensi dalam jangka panjang dapat mengalami resiko seperti masalah pada otak dan jantung.  

Faktor penyebab tekanan darah rendah : 
  1. Anemia
  2. Kehamilan
  3. Penyakit addison
  4. Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  5. Gangguan jantung
  6. Efek obat-obatan seperti obat antidepresan atau yang lain nya

Cara Menjaga Tekanan Darah Agar Normal :

Tekanan darah yang normal tentu dapat menjaga kesehatan anda dan menjauhkan dari resiko penyakit berbahaya yang ditimbulkan. Berikut tips menjaga kestabilan tekanan darah :

1. Berolahraga Dengan Rutin

Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari dapat mempertahankan tekanan darah agar tetap normal. Contoh olahraga yang dapat dilakukan seperti bersepeda, berenang dan berjalan kaki, bila dilakukan secara konsisten dapat menjaga kestabilan tekanan darah anda. Bagi Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi olahraga tersebut dapat menurunkan tekanan darah ke angka normal lagi.

2. Atasi Stres

Aktivitas sehari-hari yang padat dapat menyebabkan tingkat stres meningkat . Bila anda tidak dapat mengendalikan tingkat stres yang disebabkan oleh kegiatan sehari hari maka dapat meningkatkan resiko terjadi nya tekanan darah meningkat.

3. Konsumsi Makanan Sehat Dan Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan bernutrisi merupakan cara menjaga kestabilan tekanan darah. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran, biji-bijian, makanan dan minuman rendah lemak

Baca juga:   Cara Daftar BLT BBM Kemensos 2022 Secara Online

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengurangi makanan yang berlemak jenuh seperti jeroan, mentega, daging, gorengan, garam.

Bagi yang memiliki tekanan darah rendah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti sayuran, daging ayam, ikan asin, telur asin, buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan lain nya 

Cara Mengukur Tekanan Darah

Mengetahui tekanan darah manusia dengan cara mengukur tekanan darah adalah satu satu  cara untuk mengetahui tekanan darah normal atau tidak. Dengan alat tensimeter, anda dapat melakukan pengecekan tekanan darah di rumah secara mandiri atau anda dapat mengunjungi klinik atau rumah sakit untuk melakukan pengecekan tekanan darah.

Jika tekanan darah anda berada di antara angka 120/80 mmHg dan 139/89 mmHg pertahankanlah kondisi tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan melakukan olahraga rutin.

Namun jika tekanan darah anda berada di angka 140/90 atau lebih, sebaiknya segera memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi anda.

Anda juga harus tetap waspada dengan hipotensi. Walaupun tergolong ringan bila di diamkan terlalu lama dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh sehingga mengakibatkan terjadinya komplikasi.