Penting. Inilah Cara Merawat Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Inilah Cara Merawat Kesehatan Organ Reproduksi Wanita – Tidak mudah menjadi seorang wanita. Ketika wanita menjadi ibu rumah tangga, mereka akan bertanggung jawab dalam mencukupi kebutuhan suami, anak dan mengurus rumah. Belum lagi dengan wanita karier, dapat dipastikan lebih sibuk dari ibu rumah tangga. Kewajibannya tidak hanya mengurus rumah, namun juga segudang pekerjaan kantor harus ia selesaikan.

Ketika wanita tenggelam pada kesibukan tersebut, banyak diantaranya yang mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Dan salah satu aspek kesehatan yang mungkin paling diabaikan adalah merawat kesehatan organ reproduksi. Kebanyakan wanita hanya akan mengambil sikap ketika merasakan ada masalah kesehatan pada organ reproduksi mereka. Ini bisa fatal, bilamana masalah yang dialami ternyata sudah pada tahap yang serius. Maka dari itulah sangat penting mengetahui cara merawat kesehatan organ reproduksi wanita dengan baik dan benar. Dengan tips sederhana berikut, dapat dijadikan acuan dalam menjaga dan merawat kesehatan organ reproduksi, supaya tetap dalam kondisi yang optimal :

1. Jadikan Mencuci Vagina Menjadi Bagian Dari Rutinitas Harian Anda

Mencuci dan membersihkan organ reproduksi menjadi sesuatu yang harus Anda perhatikan sebelum Anda merasakan adanya masalah. Perawatan rutin dan tindakan pencegahan memastikan organ reproduksi Anda tetap sehat. Perawatan tidak boleh terbatas hanya pada mencucinya saat mandi saja. Tapi Anda harus mencuci area intim 2-3 kali dalam sehari, terutama ketika musim hujan dan siklus menstruasi untuk mencegah infeksi.

2. Jangan Menggunakan Sabun Untuk MandiĀ 

Sabun memiliki ukuran Ph (tingkat keasaman) 5,5 dimana itu diperuntukan untuk kulit tangan dan badan. Sedangkan, kulit vagina sangatlah halus hanya bisa mentolerir Ph dikukuran 3,8 sampai 4,5 saja. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan Ph untuk menghindari iritasi pada vagina. Jangan sembarang memakai sabun.

Baca juga:   Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Remaja Putri

3. Jangan Menggosok Area Intim Anda

Jangan pernah menggosok atau menggunakan sikat untuk membersihkan vagina Anda. Karena kulit vagina sangat halus dan Anda pastinya tidak mau bukan jika kulit vagina iritasi atau bahkan sampai terluka. Gunakanlah handuk lembut untuk membersihkan area tersebut.

4. Bersih dari depan ke belakang

Selalu bersihkan area vagina dengan arah dari depan lalu ke belakang. Dengan kata lain, bersihkan vagina terlebih dahulu lalu bergerak ke belakang menuju anus. Hal Ini dimaksudkan agar mencegah bakteri berbahaya yang berada di anus tidak menginfeksi vagina.

5. Gunakan Sabun Cuci Dengan Bahan Alami

Beberapa bahan kimia bisa membuat vagina Anda kering. Namun bahan kimia lainnya seperti asam laktat sangat bagus, karena dapat membantu menjaga keseimbangan Ph dan membantu mengembalikan kehalusan area kulit vagina. Untuk Sabun Cuci dengan bahan alami diantara seperti Tea Tree Oil dan Seabuck Thorn Oil, 2 produk tersebut dikenal karena kualitasnya yang bagus dan aroma alami yang segar.

6. Pakai celana dalam berbahan katun

Pakaian berbahan katun sangat lembut dan ramah di kulit. Kain jenis ini memberikan sirkulasi udara yang bagus dan dapat menyerap air dengan cepat. Pilih dan gunakanlah pakaian dalam berjenis kain ini supaya vagina Anda daapat terlindungi dengan baik.

7. Kenakan Pakaian Yang Pas dan Nyaman

Kenakanlah pakaian yang pas dan hindari pakaian ketat, karena pada pakaian ketat sirkulasi udara akan sangat buruk yang dapat menyebabkan area vagina terkompresi atau berkerut.

Ingat, kesehatan adalah yang utama. Jadi mulai sekarang mari lakukan tindak penjagaan, perawatan agar masalah kesehatan pada organ reproduksi bisa kita hindari.