Bahaya Mengkonsumsi Mi Instan Setiap Hari

Bahaya Mengkonsumsi Mi Instan Setiap Hari – Mi instan pertama kali  diperkenalkan pada di tahun 1968. Di tahun yang sama, diperkenalkan lah merek mi instan pertama yang ada di indonesia, yakni dengan merek Supermi. Empat tahun berselang, tepatnya pada tahun 1972, di diperkenalkan merek mi instan kedua, yaitu dengan merek Indomie. Yang sampai saat ini terkenal dan banyak sekali peminatnya. 

Mi instan ini kaya akan karbohidrat, tetapi sangat rendah protein, vitamin, serat dan mineralnya. Dalam sebungkus mi instan terdapat bumbu yang mengandung garam sodium dan MSG atau monosodium glutamate (micin) yang cukup tinggi.

Mi instan menjadi makanan favorit masyarakat indonesia, dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa kerap mengkonsumsi mi instan ini. Akan tetapi tidak semua orang tahu tentang bahaya jika mengkonsumsi mie instan ini secara rutin.

Tidak heran kenapa mi instan digemari banyak orang karena memang memiliki rasa yang enak dan praktis untuk menahan rasa lapar, serta mudah dalam proses memasaknya. Tetapi mi instan ini tidak dapat menggantikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bumbu dan bahan pengawet yang terkandung dalam mi instan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka menyantap mi instan, perlu diketahui apa saja bahaya mengkonsumsi mi instan ini. Berikut bahaya mengkonsumsi mi instan setiap hari yang dirangkum dari beberapa sumber :

1. Dapat menyebabkan terganggunya Sistem pencernaan

Walaupun mi instan ini sangat enak dan lezat saat dimakan.Tetapi tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya, karena jika terlalu sering dapat berdampak buruk untuk pencernaan. Mi instan ini bisa menghambat nutrisi yang masuk kedalam tubuh, hal itu mengakibatkan pencernaan menjadi terganggu. Jika pencernaan terganggu dapat berisiko kembung, sembelit, atau bahkan usus bocor.

Baca juga:   Link Download Twibbon G30S PKI & Cara Menggunakannya

2. Dapat menyebabkan kanker

Mi instan mengandung natrium karbonat yang mana jika natrium suhu tinggi maka dapat memicu terjadinya kanker. Mi instan instan bisa memicu terbentuknya kanker jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti mengkonsumsi mi instan lima kali sehari.

3. Dapat menyebabkan obesitas

Mengkonsumsi mi instan memang mampu memberikan efek mengenyangkan, tetapi tidak bertahan lama dan membuat cepat lapar kembali. 

Kalori dan karbohidrat yang terkandung dalam mi instan ini juga cukup tinggi. Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi mi instan ini dipadukan dengan nasi, dan tak jarang pula mengkonsumsi mi instan ini di malam hari. Hal itu lah menjadikan kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.

4. Dapat menyebabkan malnutrisi

Mi instan dapat menjadi penyebab seseorang malnutrisi, jika menjadikan mi instan sebagai makanan pokok tanpa mengkonsumsi makanan lain. Hal tersebut bisa terjadi karena mi instan memiliki kandungan nutrisi yang rendah sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari.

5. Dapat mengganggu menstruasi

Mi memiliki efek yang buruk bagi wanita jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan sodium yang ada di dalam mi instan dapat mengganggu hormon yang menjadi penyebab jadwal datang bulan wanita dapat terganggu. Selain mengganggu jadwal datang bulan, hormon yang terganggu juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

6. Dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak

Zat-zat berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh karena seringnya mengkonsumsi mi instan dapat menimbulkan efek buruk yang dapat merusak sel-sel jaringan otak.

7. Dapat memicu kelumpuhan atau stroke

Kerusakan sel jaringan otak yang disebabkan oleh sering mengkonsumsi mi instan juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit lain. Saat rusak nya sel jaringan otak maka hal tersebut dapat mengakibatkan kelumpuhan atau stroke.

Baca juga:   10 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

8. Dapat berisiko keguguran

Untuk wanita yang sedang hamil, mengkonsumsi mi instan secara berlebih dapat beresiko terjadinya keguguran. Itu disebabkan karena kandungan bumbu dan bahan pengawet yang terkandung dalam mi instan bisa mempengaruhi perkembangan janin.

9. Dapat memicu batu ginjal

Garam yang terkandung dalam mi instan dibilang cukup tinggi, hal itu dapat memicu meningkatkan pembentukan batu ginjal. Apalagi jika ditambah dengan kurangnya minum air putih. 

 

Demi kian kami informasikan tentang bahaya Bahaya Mengkonsumsi Mi Instan Setiap Hari. Semoga bermanfaat bagi pembaca